Kamis, 02 Januari 2014

Bagian Bagian Stik Drum

Setelah beli drum elektrik atau drum biasa, stik drum merupakan salah satu elemen terpenting yang menyempurnakan penampilan para drumer. Bentuk stik drum yang baik akan menghasilkan bunyi yang indah.

Sebelum anda membeli stik drum ada baiknya anda mengetahui bagian-bagian apa saja yang ada di dalam stik drum agar anda mampu mengeksplorasi bunyi yang bisa dihasilkan. Berikut ulasannya:

Tip (Kepala Stik)

Tip atau kepala stik berada di bagian ujung dan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Tip yang kecil menghasilkan suara yang lebih jelas dan bulat. Tip yang padat menghasilkan suara yang padat, nyaring dan lebih besar.

Neck (Leher Stik)

Berada di dekat tip dan merupakan sisi tertipis dalam stik. Tipis tidaknya neck ini berpengaruh pada fleksibilitas dan responsifitas stik.

Shoulder (Bahu stik)

Shoulder atau bahu stik terdapat di dekat Neck dan berfungsi mengontrol respon dan bouncing yang berlebihan.

Shaft (badan stik)

Merupakan bagian terpanjang dalam stik drum. Meski tak terlalu berguna, peran Shaft sangat penting saat drummer melakukan teknik memukul rimshot atau cross-sticking. Beberapa efek suara juga dapat dihasilkan ketika drummer mengkombinasikan memukul staf dengan bagian drum seperti cymbal.

Grip

Kontrol stik terdapat pada bagian ini karena kebanyakan drummer memegang kendali stiknya pada bagian grip.

Butt-end

Bagian paling belakang dari stik drum yang tidak mempunyai tip. Suara yang lebih keras dan padat dapat dihasilkan dari bagian ini.

Jika keenam elemen itu sesuai standar, anda akan mendapatkan bunyi yang diingankan. Tapi harus diingat faktor manusia seperti konsistensi pukulan dan eksplorasi juga berperan pentin dalam menghasilkan bunyi yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar