Jumat, 03 Januari 2014

Persiapan Bermain Drum Bagi Pemula

Jika anda adalah seseorang yang baru saja tertarik dengan alat musik yang satu ini, anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum menjadi pemain drum yang handal. Sebab hanya persiapan yang baiklah yang bisa membawa anda menjadi seorang professional sejati. Yang paling penting untuk anda perhatikan adalah niat dalam diri sendiri untuk terus belajar dan tidak berhenti berusaha.

Setelah itu cobalah untuk memainkan satu atau beberapa bagian drum seperti tomtom dan snare sebelum menabuh drum sebaiknya anda melakukan olah raga ringan seperti peregangan. Hal ini penting dilakukan karena memukul drum membutuhkan power yang bagus. Jika power anda naik turun, maka tempo atau bunyi yang dihasilkan pun tidak akan bagus. Alih-alih semakin kuat memukul, pukulan anda justru akan semakin lemah.

Pukulan lemah tidak berirama, tentu bukanlah sesuatu yang diharapkan pemula bukan? Apabila itu terjadi jangan cemas. Hal itu wajar dialami para pemula. Kita hanya perlu untuk tetap optimis dan yakin pada kemampuan sendiri. Untuk jenis drum, drum akustik menjadi elemen penting dalam tahap pembelajaran. Karena hanya dengan drum akustik lah, kita bisa lebih merasakan ketukan dan tahu dimana letak kesalahan ketukan . Namun jika anda tipe orang yang ingin belajar cepat, beli drum elektrik adalah pilihan rasional. Drum elektrik memberikan kita kemudahan dalam menghapal ketukan.

Setelah melakukan olahraga ringan dan memilih jenis drum yang baik untuk kita sendiri. Barulah kita bisa mulai menghapal ketukan.

Ada baiknya jika anda seorang pemula yang ingin menjadi professional berlatihlah minimal lima jam dalam satu hari. Satu hal yang perlu diingat, jika anda berniat membeli satu set drum. Pasanglah alat peredam suara ditempat anda berlatih. Jika tidak mungkin pukulan anda yang anda nilai bagus itu akan mendapat keluhan dari para tetangga. Selamat mencoba.

1 komentar: