Rabu, 08 Januari 2014

Para Pianist Yang Menginspirasi

Jika ada pianist yang memiliki rupa elok dan menawan, ada pula beberapa pianist yang menginspirasi walaupun dengan banyak kekurangan dan keterbatasan. Salah satunya Nicholas McCarthy, pianis yang lahir tanpa tangan kanan ini,mulai menggeluti dunia piano dengan belajar sendiri menggunakan keyboard listrik. Saat berusia 14 tahun dia mulai mempelajari piano.

McCarthy sempat ditolak untuk mengikuti tes musik karena hanya memiliki satu tangan. Namun kesungguhannya menekuni piano berhasil menjadikannya pianis pertama dengan satu tangan yang lulus dari sekolah tinggi musik, Royal College of Music, di London.

Lain lagi dengan Hee Ah Lee, pianis asal Korea yang menderita lobster claw syndrome itu mulai mempelajari piano sejak berusia enam tahun. Bukan hal mudah bagi Hee untuk belajar not piano. Sebab dia juga menderita keterbelakangan mental. Bagi Hee bermain piano dengan empat jari tidaklah mudah. Butuh ketekunan dan optimisme tinggi agar bisa terus mengembangkan potensinya.

Hee berlatih 5 - 10 jam sehari selama 5 tahun. Hasilnya, pada umur 12 tahun, Hee telah menggelar resital piano tunggal. Ada nama lain juga yang berhasil menghentak dunia dengan kekurangan. Yakni Liu Wei pria asal Beijing yang bermain piano dengan kedua kakinya. Liu Wei kehilangan kedua lengannya pada usia 10 tahun, karena terkena tegangan listrik tinggi. Wei mulai bermain piano pada usia 19 tahun. Wei berlatih piano selama 7 jam setiap harinya, dan dalam waktu setahun dia mampu mencapai level 7 permainan piano. Keberhasilan ketiganya ditengah banyaknya keterbatasn pun memberi banyak inspirasi untuk kita. Beli piano memang langkah awal yang baik. Namun jika tidak dibarengi dengan konsistensi. Maka anda tidak akan pernah meraih apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar