Jumat, 03 Januari 2014

Menjadi Pianis Pemula

Piano memiliki daya magis tersendiri. Elegan, cantik dan cerdas. Tiga kata itulah yang biasanya melekat pada sosok seorang pianis. Tapi mempelajari piano tidak semudah memencet tombol not sesukanya. Ada aturan-aturan rumit untuk menciptakan music berkualitas.

Piano adalah salah satu instrument musik yang paling variatif. Anda bisa memainkan lebih dari satu not piano dalam waktu sama. Ditingkatkan yang lebih tinggi, biasanya chord yang lebih banyak digunakan. Dua suara piano yang diciptakan tangan kanan dan kiri, menghasilkan kompleksitas nada yang indah yang membuat piano lebih istimewa dibanding alat musik lain.

Dengan piano kita bisa memainkan hampir semua genre musik, klasik, Pop, rock, jazz bahkan blues bisa dimainkan dengan piano. Karena kelebihan inilah banyak musisi memilih piano sebagai pelajaran utama, sebelum mempelajari alat musik lain. Jika seseorang sudah belajar piano dalam jangka lama. Hampir dipastikan dia juga bisa memainkan alat musik apapun. Untuk memulai menjadi pianis, anda harus memiliki ketangkasan dan kesabaran. Sebab bukan hal mudah menyentuh not dengan 10 jari. Selain ditekan untuk memiliki konsentrasi tinggi, seorang pianis juga dipaksa untuk mengerti teori musik dan konstruksi chord. Dua hal ini berperan penting pada kualitas nada yang dihasilkan.

Dibalik kelebihannya dari instrument lain, piano juga memiliki sedikit kelemahan. Yakni sulit dibawa kemanapun karena bentuknya yang besar. Harga sebuah piano pun relatif mahal. Tapi jika anda ingin menjadi pianis handal, beli piano adalah pilihan terbaik. Cobalah berkeliling ke toko musik terdekat.

Ada baiknya anda mengikuti kursus piano kemudian diterapkan sendiri dirumah. Hal itu bisa mengasah daya bermain musik anda. Yang paling penting adala konsisten dalam belajar. Karena piano bukanlah instrument mudah. Butuh kecerdasan lebih untuk merangkai chord menjadi nada yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar