Kamis, 16 Januari 2014

Musik dan Peningkatan Kecerdasan

Selain dapat menyeimbangkan kesehatan jiwa. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kecerdasan manusia. Ini terjadi karena otak harus berusaha menyelesaikan sesuatu yang rumit dan komplek. Otak dituntut untuk memilah nada, waktu, dan pengurutan suara untuk memahami musik.

Lobus frontal otak akhirnya dirangsang dan diaktifkan ketika mendengarkan musik. Bagian otak yang berhubungan dengan fungsi mental yang lebih tinggi seperti berpikir abstrak atau perencanaan. Frances Rauscher, psikolog di University of Wisconsin di Oshkosh menemukan bahwa mendengarkan musik Mozart dapat meningkatkan penalaran dibidang matematika dan kemampuan spasial.

Bahkan, tikus yang berlari di labirin menjadi lebih cepat dan lebih akurat setelah mendengar Mozart. Piano sonata Mozart mampu merangsang aktivitas tiga gen yang terlibat dalam sinyal sel saraf di otak. Mendengarkan musik adalah salah satu cara menikmati musik secara pasif untuk memperoleh manfaat bagi otak. Tetapi aktifitas yang lebih merangsang otak dan bahkan meningkatkan IQ adalah bermain atau menulis musik.

Beberapa penelitian menemukan bahwa setelah mendapat pelajaran musik selama dua tahun, anak pra-sekolah mendapat skor yang lebih baik pada tes penalaran spasial dibandingkan dengan anak tanpa pembelajaran musik. Namun manfaatnya mungkin akan berbeda bagi orang dewasa. Cobalah beli piano dan ajari anak anda bermain piano. Bukan tidak mungkin kecerdasan anak anda akan meningkat dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar